Persepsi Label Halal Bagi Remaja Sebagai Indikator Dalam Keputusan Pembelian Produk: As a Qualitative Research


Perception of Halal Label for Teenagers as Indicator in Product Purchase Decision: As a Qualitative Research


  • (1) * Hendri Hermawan Adinugraha            Faculty of Economics and Business, University of Dian Nuswantoro Semarang  
            Indonesia

  • (2)  Wikan Isthika            Faculty of Economics and Business, University of Dian Nuswantoro Semarang  
            Indonesia

  • (3)  Mila Sartika            Faculty of Economics and Business, University of Dian Nuswantoro Semarang  
            Indonesia

    (*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman remaja kota Semarang mengenai label halal dalam suatu produk baik itu makanan, minuman maupun kosmetik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara terstruktur dalam pengambilan data. Indikator yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu pengertian produk halal, macam-macam produk halal, indikator dalam keputusan pembelian produk serta indicator umum yang diperhatikan remaja. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 102 responden dengan metode pengambilan data yaitu purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 42% responden masih kurang memahami definisi secara lengkap mengenai produk halal, namun sebesar 78% dari responden mampu menyebutkan macam-macam produk halal dan 81% memahami label halal menjadi indikator dalam keputusan pembelian produk. Selanjutnya sebesar 84% responden memahami apa saja yang menjadi indikator secara umum yang dipertimbangkan dalam membeli produk.

References

Afroniyati, Lies. (2014). “Analisis Ekonomi Politik Sertifikasi Halal Oleh Majelis Ulama Indonesia”. Jurnal Kebijakan & Administrasi Publik JKAP. Vol. 18. No. 1.

Agustian, Eri. (2013). “Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Studi Kasus Pada Produk Wall’s Conello”. Jurnal Program Studi Manajemen. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan Bogor. Vol. 1. No. 2. DOI: https://doi.org/10.37641/jimkes.v1i2.264

Ambali, A. R., dan Bakar, A. N. (2012). “People’s Awareness On Halal Foods and Products: Potential Issues for Policy-Makers”.

Procedia - Social and Behavioral Sciences 121. INHAC 2012 Kuala Lumpur International Halal Conference. PWTC. Kuala Lumpur. Malaysia.

Andriansyah, Yusuf, Rois Arifin, dan Afi Rachmat S. (017). “Pengaruh Label Halal, Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Teh Racek (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang)”. E-Jurnal Riset Manajemen. Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Unisma.

Baharuddin, Kasmarini, Norliya Ahmad Kassim, Siti Khairiyah Nordin, dan Siti Zahrah Buyong. (2015) “Understanding the Halal Concept and the Importance of Information on Halal Food Business Needed by Potential Malaysian Entrepreneurs”. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences. Vol. 5. No. 2. DOI: https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v5-i2/1476

Bonne, K., dan Verbeke, W. (2008). “Religious Values Informing Halal Meat Production and the Control and Delivery of Halal Credence Quality”. Agriculture and Human Values. 25 (1). Bulan, DOI: https://doi.org/10.1007/s10460-007-9076-y

Tengku Putri Lindung. (2016). “Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Sosis di Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang”. Jurnal Manajemen dan Keuangan. Vol. 5. No. 1.

Elasrag, Hussein. (2016). “Halal Industry: Key Challenges and Opportunities”. MPRA Paper. No. 6963. Folinas, Dimitris, Ioannis Manikas, dan Basil Manos. (2006). “Traceability Data Management for Food Chains”. British Food Journal. Vol. 108. Issue: 8. DOI: https://doi.org/10.1108/00070700610682319

Ginting, Nembah F. Hartimbul. (2012). Manajemen Pemasaran. Cetakan 2. Bandung: Yrama Widya.

Golnaz, R., Zainalabidin, M., dan Mad Nasir, S. (2012). “Non Muslim Consumers’ Understanding of Halal Principles in Malaysia”. Journal of Islamic Marketing. 3. (1). DOI: https://doi.org/10.1108/17590831211206572

Hanzaee, K. H., dan Ramezani, M. R. (2011). “Intention to Halal Products in the World Markets”. Interdisciplinary Journal of Research in Business. Dikutip dari https://www.researchgate.net/publication/303749285.

Hasan, Ali. (2014). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Edisi Kedua. Jakarta: Center for Academic Publishing Service.

Iranita. (2013) “Pengaruh Labelisasi Halal Produk Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Maritim Raja Ali Haji”. Artikel. Dikutip dari https://www.researchgate.net/profile/Iranita_Iranita/publication/.

Kamilah, Ghina dan Aniek Wahyuati. (2017). “Pengaruh Labelisasi Halal dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Volume. 6. Nomor. 2.

Kleef, Ellen, Julie Houghton, Athanasios Krystallis, Uwe Pfenning, Gene Rowe, Heleen Van Dijk, Ivo van der Lans, dan Lynne J. Frewer. (2007). “Consumer Evaluation of Food Risk Management Quality in Europe”. Risk Analysis An International Journal. 27. (6). DOI: https://doi.org/10.1111/j.1539-6924.2007.00989.x

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi Keduabelas. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 2, edisi. Ketiga Belas, Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Lada, Suddin, Geoffrey Harvey Tanakinjal and Hanudin Amin. (2009). “Predicting Intention to Choose Halal Products Using Theory of Reasoned Action”. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management. Vol. 2. No. 1. DOI: https://doi.org/10.1108/17538390910946276

Rangkuti. (2010). “Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan dalam Kemasan (Snack Merek Chitato) pada Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)”. Skripsi. Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara. Sumatera Utara.

Sandi, Aris Setyawan Prima, Marsudi, dan Dedy Rahmawanto. (2011). “Persepsi Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Minuman Berenergi”. Jurnal Manajemen Bisnis. Volume. 1. No. 2.

Sangadji, E.M. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Offset.

Schiffman, Leon dan Leslie Lazar Kanuk. (2008). Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Cetakan Keempat. Jakarta: PT. Indeks.

Setiadi. (2008). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi Untuk Strategidan PelatihanPemasaran (Edisi 1). Jakarta: Kencana Prenada Media.

Shafie, Shahidan dan Md-Nor Othman. (2015). “Halal Certification: An International Marketing Issue and Challenges”. Artikel. Dikutip dari https://www.salaamgateway.com/en/story/.

Silalahi, Ulber. (2009). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.

Sulistyo-Basuki. (2006). Metode Penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra dan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.

Suryani, Tatik. (2008). Perilaku Konsumen Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Taip, Mohd Ramdan dan Risyawati Mohamed Ismail. (2016) “A Study on Malaysian Consumer Awareness Toward the Use of JAKIM Halal Label”. Artikel. Dikutip dari stmlportal.net/stmlgogreen2016/pdf/p752.pdf.

Talib, A., Ali, M., Anuar, K., dan Jamaludin, K. R. (2008). “Quality Assurance in Halal Food Manufacturing in Malaysia: A Preliminary Study”. Proceedings of International Conference on Mechanical & Manufacturing Engineering (ICME2008). Johor Bahru. Malaysia.

Tarigan, Eka Dewi Setia. (2016). “Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area Medan”. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen. Vol. 3 No. 1. DOI: https://doi.org/10.24952/tijaroh.v3i2.1357

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono, Fandy. (2011). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Bayumedia Publishing.

Yusoff, Siti Zanariah dan Nor Azura Adzharuddin. (2017). “Factor of Awareness in Searching and Sharing of Halal Food Product among Muslim Families in Malaysia”. SHS Web of Conferences 33 i-COME’16. DOI: https://doi.org/10.1051/shsconf/20173300075

Yuswohady. (2015). Marketing to the Middle Class Muslim- Kenali Perubahannya, Pahami Perilakunya, Petakan Strateginya. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama.

Picture in here are illustration from public domain image (License) or provided by the author, as part of their works
Published
2017-10-31
 
Section
Articles