Perilaku Konsumen Berdasarkan Religiusitas
Consumer Behavior Based on Religiosity
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengkaji lebih dalam perilaku konsumen yang didasarkan religiusitas dan kesadaran halal yang dimiliki konsumen dosen muslimah di Malang. Penelitian ini menggunakan studi fenomenologi yang bertujuan mengkaji lebih dalam pengalaman pribadi dosen Muslimah dalam melakukan pembelian produk kosmetik halal. Studi fenomenologi berdasar kedua aspek ini masih jarang dilakukan. Sehingga dengan dilakukannya penelitian ini akan menambah hazanah ilmu pengetahuan khususnya bidang perilaku konsumen. Adapun focus permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian ini yang pertama; adalah bagaimana informan memaknai aspek religiusitas yang dimiliki dalam mempengaruhi perilaku konsumsinya terhadap produk halal dan yang kedua; adalah bagaimana kaitan antara religiusitas dan kesadaran halal yang dimiliki informan, sehingga ini akan menambah khazanah pengembangan ilmu pengetahuan khususnya perilaku konsumen berdasar aspek religiusitas. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama) Aspek religiusitas dimata dosen muslimah dimaknai sebagai bentuk “komitmen” terhadap keimanan yang mereka miliki, sehingga aspek religiusitas dijadikan pertimbangan utama dalam pembelian/pemilihan kosmetik halal. Kedua)Religiusitas dan kesadaran halal mempunyai kaitan yang erat, hal ini dibuktikan dengan kecenderungan dosen Muslimah lebih memilih kosmetik yang halal dibanding kosmetik non halal. Hasil ini menunjukkan bahwa semakin tingggi religiusitas yang dimiliki informan, maka akan tinggi pula tingkat kesadaran halal yang dimiliki oleh dosen Muslimah di Malang.
References
Abdul Aziz, Y. and Chok, N. V. 2013. The role of Halal awareness, Halal certification, and marketing components in determining Halal purchase intention among non-Muslims in Malaysia: A structural equation modeling approach. Journal of International Food and Agribusiness Marketing, Vol. 25 No. 1, pp. 1-23. DOI: https://doi.org/10.1080/08974438.2013.723997
Abd Rahman, Azmawani dan Ebrahim Asrarhaghighi Suhaimi Ab Rahman. 2014. Consumers and Halal cosmetic products: knowledge, religiosity, attitude and intention. Journal of Islamic Marketing, Vol. 6 Iss 1 pp. Emerald Group Publishing Limited DOI: https://doi.org/10.1108/JIMA-09-2013-0068
Aertsens, J., Mondelaers, K., Verbeke, W., Buysse, J. and Van Huylenbroeck, G. 2011. The influence of subjective and objective knowledge on attitude, motivations and consumption of organic food. British Food Journal, Vol. 113 No. 11, pp. 1353-1378. DOI: https://doi.org/10.1108/00070701111179988
Ahmad, N. A., Abaidah, T. N. T., & Yahya, M. H. A. 2013. A study on halal food awareness among Muslim customers in Klang. A Study on Halal Food Awareness among Muslim Customers in Klang, 1073–1087.
Ali, Yunus. 2012. Halal Branding: A Study of Moslem Consumers Perspective. On Proceedings of The 2nd Global Islamic Marketing Conference. Abu Dhabi. Pp 1-6
Astogini, Wahyudin, Wulandari. 2014. “Pengaruh Labelisasi Halal Produk Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Maritim Raja Ali Haji. Jurnal JEBA Vol. 13 No.1
Baker, Ahmad. 2010. On Islamic Branding: Brands as Good Deeds. On Journal of Islamic Marketing. Vol 1. No. 2. Pp: 101-106 DOI: https://doi.org/10.1108/17590831011055842
Bonne, K., Vermeir, I., Bergeaud-Blackler, F., & Verbeke, W. 2007. Determinants of Halal Meat Consumption in France. British Food Journal. Vol. 109 (5): 367–386. doi: https:// doi.org/10.1108/0070700710746786. DOI: https://doi.org/10.1108/0070700710746786
Bonne, K., Vermeir, I., & Verbeke, W. 2008. Impact of Religion on Halal Meat Consumption Decision Making in Belgium. Journal of International Food & Agribusiness Marketing. Vol. 21(1): 5–26. doi: https://doi.org/10.1080/08974430802480628. DOI: https://doi.org/10.1080/08974430802480628
Borzooei M, and Asgari M. 2013. The Halal Brand Personality and Its Effect on Minat beli. Interdisciplinary Journal Of Contemporary Research In Business Vol 5, No 3 July 2013. DOI: https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v3-i10/288
Euromonitor International. 2015. Consumer lifestyles in Indonesia. Passport.Farrag, D. A., & Hassan, M. (2015). The Influence of Religiosity on Egyptian Muslim Youths’ Attitude Towards Fashion. Journal of Islamic Marketing. Vol. 6(1): 95–108. doi: https:// doi.org/10.1108/JIMA-04-2014-0030. DOI: https://doi.org/10.1108/JIMA-04-2014-0030
Esso, N., & Dibb, S. 2004. Religious contrasts in consumer decision behavior. European Journal of Marketing, 28(5), 36-53.
Farokhah Muzayinatun Niswah. 2018. “Hubungan Persepsi Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Tanpa Label Halal,” Jurnal Middle East and Islamic Studies 6, no. 1: 1– 20. hlm. 2.
Hasibuan dkk. 2019. Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam, Volume 5, Nomor 2 Tahun 2019 http://jurnal.iain padang sidimpuan. ac.id/ index. php/attijaroh. DOI: https://doi.org/10.24952/tijaroh.v5i2.1987
Isabelle Aoun Laurent Tournois. 2015. Building holistic brands: an exploratory study of Halal cosmetics. Iss 1 pp. -. DOI: https://doi.org/10.1108/JIMA-05-2014-0035
Jalaluddin. 2005. Psikologi Agama (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005), h.15.
Johnson, B. R., Jang, S. J., Larson, D. B., & De Li, S. 2001. Does Adolescent Religious Commitment Matter? A Reexamination of the Effects of Religiosity on Delinquency. Journal of Research in Crime and Delinquency. Vol. 38(1): 22–44. doi: https://doi.org /10.1177/0022427801038001002. DOI: https://doi.org/10.1177/0022427801038001002
Jumani and Siddiqui. 2012. Bases of Islamic Branding In Pakistan: Perception or Believes. On Interdisclipinary Journal of Contemporary research in Business. Vol. 3. No. 9.
Kotler, P. & Keller, K.L. 2012, Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.
Larasati, A., Hati, S. R. H., & Safira, A. 2018. Religiusitas dan Pengetahuan Terhadap Sikap dan Intensi Konsumen Muslim Untuk Membeli Produk Kosmetik Halal. Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol. 8 (2): 105 – 114. doi: 10.15408/ess.v8i2.7459. DOI: https://doi.org/10.15408/ess.v8i2.7459
Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Moschis, G. P., & Ong, F. S. (2011). Religiosity and Consumer Behavior of Older Adults: A
Study of Subcultural Influences in Malaysia. Journal of Consumer Behaviour. Vol. 10(1): 8–17. doi: https://doi.org/10.1002/cb.342 DOI: https://doi.org/10.1002/cb.342
Mukhtar, A., & Butt, M. M. (2012). Intention to Choose ‘Halal’ Products: The Role of Religiosity. Journal of Islamic Marketing, Vol. 3 No. 2, 108-120. DOI: https://doi.org/10.1108/17590831211232519
Nugroho J. Setiadi. 2010.Perilaku Konsumen, (Jakarta: Kencana Prenada Media
Group, 2010), 1
Nur Hadiati Endah. 2014. Perilaku Pembelian Kosmetik Berlabel Halal oleh Konsumen Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Vol 22, No. 1, 2014
Presiden Republik Indonesia. 2014.“Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal,” Pub. L. No. 33
Rosida, Rida. 2018. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Intensi Pembelian
Kosmetik Halal (Survey Pada Muslimah Di Jawa Barat).” Jurnal
Ekonomi Dan Bisnis Islam (Journal of Islamic Economics and Business) 4,
no. 2: 129–40. https://doi.org/10.20473/jebis.v4i2.10501 DOI: https://doi.org/10.20473/jebis.v4i2.10501
Saabar, S. S., & Ibrahim, S. B. 2014. The Knowledge of Halal and Advertising Influence on Young Muslims Awareness DOI: 10.7763/IPEDR. 2014. V73. 8 DOI: https://doi.org/10.7763/ipedr
Shah Alam, S., & Mohamed Sayuti, N. 2011. Applying the Theory of Planned Behavior
(TPB) in halal food purchasing. International Journal of Commerce and Management,
(1), 8–20. https://doi.org/10.1108/10569211111111676 DOI: https://doi.org/10.1108/10569211111111676
Sukesti, F., & Budiman, M. 2014. the Influence Halal Label and Personal Religiousity on
Purchase. International Journal of Business, Economics and Law, 4(1), 2012–2015.
Widyaningrum, P. 2017. Pengaruh Label Halal dan Celebrity Endorser
terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Wardah di
Ponorogo). JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 6(2), 83-98. doi:http://dx.doi.org/10.21927/jesi.2016.6(2).pp
Wilkes, R. E., Burnett, J. J. & Howell, R. D. 1986. On the meaning and measurement of religiosity in consumer research. Journal of the Academy of Marketing Science, 14, 47-56 DOI: https://doi.org/10.1007/BF02722112
Wilson, J. A., & Liu, J. 2010. Shaping the Halal into a brand?. Journal of Islamic Marketing, 1(2), 107 123. DOI: https://doi.org/10.1108/17590831011055851
Copyright (c) 2021 Siti Asiyah, Hariri Hariri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.