Pengaruh Religiusitas, Pelayanan dan Tarif Premi terhadap Kepuasan Nasabah Asuransi Syariah dengan Minat Berasuransi Syariah Sebagai Variabel Intervening di Perusahaan Asuransi Syariah Cabang Surabaya


The Influence of Religiosity, Service and Premium Rates on Satisfaction of Sharia Insurance Customers with Interest in Sharia Insurance as Intervening Variables in Sharia Insurance Companies Surabaya Branch


  • (1) * Erwan Aristyanto            universitas wijaya putra  
            Indonesia

  • (2)  Allen Pranata Putra            Universitas Wijaya Putra Surabaya  
            Indonesia

  • (3)  Riduwan            Prodi Ekonomi Syariah Sekolah Tinggi Agama Islam YPBWI Sidoarjo  
            Indonesia

    (*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh religiusitas, pelayanan, tarif premi terhadap kepuasan nasabah dengan minat berasuransi syariah sebagai variabel intervening di Asuransi XYZ Syariah Cabang Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah yang bergabung di perusahaan asuransi XYZ Syariah Cabang Surabaya. Sampel diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling dengan kriteria (1) masyarakat yang sudah menjadi nasabah asuransi syariah , dan (2) berusia 17 – 50 tahun sebanyak 100 responden. Analisis data menggunakan PLS dengan program SmartPLS 3.2.8.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah berasuransi, (2) Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah berasuransi, (3) Tarif premi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah berasuransi, (4) Religiusitas berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah, (5) Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah

References

Al Qur'anul Karim

Achmad, Balya, Al Hakim. 2017. Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Layanan, Kualitas Poduk dan Pengetahuan Konsumen Terhadap Keputusan Menjadi Anggota Pada Takaful Yogyakarta . Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Kalijaga

Adimarwan, Karim. 2013. Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan. Edisi 5. Cetakan ke 9. Jakarta: Raja Grafindo.

Al Arif, M. Nur Rianto. 2015. Pemasaran Strategik Pada Asuransi Syariah. Bekasi: Gramata Publishing

Ali, A.M. Hasan. 2004. Asuransi dalam Perspektif Hukum Islam: Suatu Tinjauan

Anshori, Abdul Ghofur. 2008. Asuransi Syariah di Indonesia. Yogyakarta: UII Press

Anwar, Khoiril. 2007. Asuransi Syariah Halal dan Maslahat. Surakarta: Tiga Serangkai

Bella, Rahma. 2017. Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan, Pengetahuan dan Lokasi Terhadap Minat Masyarakat Menabung Di Bank Syariah. Naskah Publikasi. UIN Syarif Hidayatullah.

Dr. Darto, Mariman. 2016. Perilaku Prososial Bagi Revolusi Mental: Seri Penelitian. Malang: Selaras Media Kreasindo

Drs. Danang Sunyoto, Dasar-dasar Manajemen Pemasara, Yogyakarta : CAPS, 2012, hal 186.

Erlita Kurniawaty (2017). Pengaruh Citra Perusahaan Dan Tarif Premi Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Kepuasan Pelanggan Di PT. Asuransi Cigna Jakarta. ISSN : 2339 – 0689, E-ISSN : 2406-8616 J. KREATIF, Vol. 5, No. 1 Oktober 2017 (1 - 17)

Febrina Harianja (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Tarif Premi Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Switching Intention Pada PT. Prudential Life Assurance Kota Pekanbaru. JOM Fekon, Vol.4 No.2 (Oktober) 2017

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Badan Penerbit – Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2008). Structuran Equation Modeling: Metode Alternatif dengan Partial Least Square, edisi 2. Semarang: Universitas Diponegoro

Khotimah, Nurul. (2018). Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan, Citra Perusahaan, Sistem Bagi Hasil Terhadap Minat Nasabah Menabung Dan Loyalitas Di Bank Syariah Mandiri. JMM17 Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, Vol.05 No.01, hal. 37-38 DOI: https://doi.org/10.30996/jmm17.v5i01.1712

Koetjoro, Wuryanti. (2009). Kualitas Pelayanan dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan dan Loyalitas yang Syar’i Pemegang Polis Asuransi Syariah, Vol. 10, No. 2, 377 – 384

Kotler, Philip, & Keller, Kevin L, “Manajemen Pemasaran”, Edisi 13 jilid 1, Erlangga, Jakarta, 2009 DOI: https://doi.org/10.2478/v10147-010-0031-3

Kotler, Phillip and Gary, Amstrong. 2014. Principle of Marketing, 15th edition ; New Jersey : Peaso Prentice Hall

Masrurah, Atik. 2015. Analisis Pengaruh Tingkat Religiusitas dan Disposible terhadap Minat Menabung Mahasiswa di Perbankan Syariah. Naskah Publikasi. STAIN Salatiga.

Mengenal Asuransi Syariah. (2016, Oktober). Prudential

"Muhammad ibn ‘Îsâ Abû ‘Îsâ al-Tirmidzî al-Salamî, Sunan al-Tirmidzî, (Bayrût: Dâr al-Turâts al’-Arabî, t.th.), Juz V, No. 34

Muhammad, Abdulkadir. 2011. Hukum Asuransi Indonesia. Bandung: PT.CITRA ADITYA BAKTI

N. Paramananda dan Km. Agus S.P. 2015. Pengaruh Tarif Premi, Kualitas Pelayanan, Daya Tarik Iklan, dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Nasabah. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 4, No. 4, 2015: 1134-1148 ISSN : 2302-8912

Siamat, Dahlan. 1995. Manajemen Lembaga Keuangan. Jakarta: Era Intermedia. Stoner, J. A. F, R. E. Freeman, and D. R. Gilber Jr . 1995. Management 6th edition. Englewood Cliffs, N. J: Prentice Hall

Siti Komariyah Hildayanti, Luis Marnisah, dan Eko Surya Dinata. 2018. Pengaruh Nilai, Kualitas Pelayanan, dan Komitmen Organisasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Asuransi Kresna Mitra Tbk. Cabang Palembang. JURNAL EKONOMI GLOBAL MASA KINI MANDIRI VOLUME 9 No.1 JUKI 2018. ISSN PRINT : 2089-6018. ISSN ONLINE : 2502-2024

Soeisno Djojosoedarso,2003, Prinsip-Prinsip Manajemen Risiko dan Asuransi, Jakarta:Salemba Empat

Sofian dan Sri Nur Ain Suleman. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Religusitas Terhadap Keputusan Nasabah dalam Memilih Asuransi Syariah di PT. Prudential Life Anssurance Cabang Kota Gorontalo.Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam. Volume 2, Nomor 1, Juni 2017."

Sondakh, Conny. (2014). Kualitas Layanan, Citra Merek Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Tabungan (Studi Pada Nasabah Taplus BNI Cabang Manado). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, Vol. 3, No. 1.

Steven Darwin dan Yohanes Sondang Kunto, S.Si., M.Sc. 2014. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Asuransi Jiwa Manulife Indonesia-Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, Vol 2, No.1 (2014)

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&d. Bandung: Alfabeta

Sula, Muhammad Syakir. 2004. Asuransi Syariah (Life and General): Konsep dan Sistem Operasional. Jakarta: Gema Insani Press

Suma, Muhammad Amin. 2006. Asuransi Syariah dan Asuransi Konvensional: Teori, Sistem, Aplikasi dan Pemasaran. Jakarta: Kholam Publishing

Sumanto, Agus Edi, dkk. 2009. Solusi Berasuransi: Lebih Indah dengan Syariah. Bandung: Salamadani

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa, Prinsip Penerapan Penelitian. Yogyakarta: CV.ANDI

Undang-Undang No.02 Tahun 1992

Undang-Undang No.73 Tahun 1992

Widyaningsih, et al. 2005. Bank dan Asuransi Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Picture in here are illustration from public domain image (License) or provided by the author, as part of their works
Published
2021-10-14
 
Section
Articles